Beranda > Linux, Tutorial > Koneksi Ubuntu Desktop menggunakan dosemu ke Netware 3.12 yang menjalankan Clipper for Dos

Koneksi Ubuntu Desktop menggunakan dosemu ke Netware 3.12 yang menjalankan Clipper for Dos


    + DOSEMU              +  CLIPPER

  1. Install ubuntu desktop 10.4.3.0 LTS
  2. install paket2 yang diperlukan untuk koneksi ke netware di ubuntu :
  • ncpfs
  • ipx
  • Dosemu
  • Menggunkan user biasa ( no root user ) utk koneksi ke netware.

  1. jika telah terinstall pastikan netware 3.12 terhubung ke linux, dengan menjalankan perintah :
  2. $ ipx_configure –auto_interface=on –auto_primary=on

             $ slist

Hasilnya :

Known NetWare File Servers Network Node Address

————————————————————————–

ServerNetware1 4B7AE788 000000000001

ServerNetware2 4D2C7F40 000000000001

  1. buat direktory untuk mounting file netware di linux :

           $ sudo mkdir /mnt/netwareplace

  1. berikan akses user biasa ke direktory mounting tsb :

  $ sudo chown user:user /mnt/netwareplace

6.  melakukan konesi ke netware directory menggunkan perintah :

$ ncpmount -S ServerNetware -U usernetware -P passusernet   /tempat /mounting direktory

  1. jalankan dosemu di console kemudiat ketik “exitemu” utk keluar kembali :

               $ xdosemu

( jika terjadi error, tambahkan “vm.mmap_min_addr=0” di konfigurasi /etc/sysctl.conf pada baris akhir. restart kembali )

8.   Edit konfigurasi dosemu :

$ sudo pico /etc/dosemu/dosemu.conf

tambahkan/edit line berikut :

$_cpu = “80586”

$_cpuspeed = (166.666)

$_mathco = (on)

$_hogthreshold = (1)

$_xms = (16384)

$_ems = (16384)

$_X_fullscreen = (on) –> on this case ada program DOS yg kudu “fullscreen”

$_X_title = “Sekarep mu”

$_X_icon_name = “Sekarep mu”

$_X_font = “vga8x19” –> bisa di atur2 ndiri.

Save & exit

9.  edit autoexec.bat & config.sys di dosemu :

$ pico .dosemu/drive_c/autoexec.bat

tambahkan/edit line berikut :

set clipper=f200

lredir f: linux\fs/tempat/mounting directory

( Note : menggunakan Mapping Drive F untuk netware )

save & exit

$pico .dosemu/drive_c/config.sys

tambahkan/edit line berikut :

files=200

save & exit

10.   jalankan dosemu kembali

$ xdosemu

pastikan drive F terdeteksi di prompt dosemu dan direktory netware bisa terlihat.

Test salah satu program DOS di netware menggunkan dosemu.

ORAT – ORET mengenai migrasi ke Ubuntu Desktop 10.4.3.

Sebelumnya disini menggunakan WinXp utk koneski ke netware dan menjalankan aplikasi clipper.

Pertanyaan : ????

“ Bisa nga ya Ubuntu Desktop dibuat mirip2 seperti Xp ??? . Mis : buat shortcut di Dekstop, Login otomatis ke netware tanpa perlu “ngetik “ di console linux, terus menjalankan program Dos/Clipper begitu komputer Log in tanpa harus mengetik di prompt Dosemu/Linux Console.

Hmmmmm ……… garuk2 Pan**T mode on.

Jawaban :

Buat Shorctut ( Di Linux namanya Launcher ceunah … )

klik kanan di Desktop Ubuntu –> pilih launcher –>

Name : sekarep mu

Command : /usr/bin/xdosemu -I ‘keystroke “f:\r cd \\program\r program.bat\r”‘

(ket : menjalankan dosemu mapp ke drive F: (enter) cd ke folder program (enter) menjalankan .BAT file (enter ) )

Comment : sekarep mu

close

Login otomatis ke netware

menggunakan fstab :

$ sudo pico /etc/fstab

#Koneksi ke netware tanpa pass

SERVERNETW/USERNETW /mnt/netwplace ncp

defaults,mode=644,uid=IduserLinux,gid=Giduserlinux,owner=userlinux,volume=SYS,nopasswd,multiple

Jika menggunkan password untuk login ke netware buat file di linux merujuk ke user & pass di netware :

$ sudo pico /etc/ncpassw

SERVERNETW/USERNETW:PASSNETW:

save & exit

$ sudo pico /etc/fstab

#koneski ke netware menggunkan password

SERVERNETW/USERNETW /mnt/netwplace ncp

defaults,mode=644,uid=IduserLinux,gid=Giduserlinux,owner=userlinux,volume=SYS,passwdfile=/etc/ncpassw,multiple

save & exit

Restart ubuntu

Setelah log in kembali cek/pastikan direktori ter-mounting ke netware.

OPPPSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS ..!!!!!!!

ternyata ada masalah jika kita melakukan restart/shutdown. Komputer tidak mau mati secara semestinya. “CRASH” pada waktu shutdown/restart.

Ini disebabkan monting netware tidak “ter- U mount “ pada waktu komp shutdown/restart.

Dengan menjalankan perintah :

$ ncpumount /mnt/netwrepalce

solusi dapat terpecahkan. Tapi tidak mungkin setiap user menjalankan perintah tersebut setiap x akan restart/shutdown.

Hmmmmmmmmmm ……… garuk2 Pan**T mode on

cari sono-sini dari gugel akhirnya dapat juga, buat scirpt “NCPUMOUNT.SH” dan diletaklan pada

/etc/init.d/ dan di link ke /etc/rc0.d dan /etc/rc6.d ( shutdown & restart )

$ sudo pico /etc/init.d/umountncp.sh

#!/bin/bash

#chkconfig: 235 19 08

ncpumount /mnt/netwarebck

echo “Umount netware done..”

exit $RETVAL

save & exit

$ sudo ln -s /etc/init.d/umountncp.sh /etc/rc0.d/K15umountmcp.sh

$ sudo ln -s /etc/init.d/umountncp.sh /etc/rc6.d/K15umountmcp.sh

coba restart lagi … tuwing-tuwing-tuwing, bablas angine…horayyyyyyyyyyy.

Menjalankan Program Clipper pada waktu komputer log in.

kasus yang saya alami, ada beberapa program DOS Clipper mode fullscreen dijalankan begitu komputer log in.

Jika di windows Xp letaklan folder program .BAT di startup di setiap user windows.

Klo di ubuntu ???? —-> U BUNTU I BANTU lah ……:)

System –> Preferences –> Startup Application – Add

Name : “sekarepmu”

Command : /usr/bin/xdosemu -I ‘keystroke “f:\r cd \\program\r program.bat\r”‘

Commet : “sekarepmu”

restart ubuntu

after login, weisssssssssssssssss …. !!!! ternyata dalam fullscreen mode di dosemu program clipper (.BAT) tidak bisa berjalan/ditampilkan, kembali lagi ke Desktop Linux.

Jika program clipper tidak menggunakan fullscreen mode pada konfigurasi dosemu bisa dijalankan pada saat startup komputer.

mmhhhhhhhhhhh …………………. garuk2 Pan**T mode on.

Cari sono-sini akhirnya dapet juga dari gugel tapi pake cara lain :

menambahkan/edit file .profile pada setiap user linux untuk menjalankan program dosemu+clipper pada saat komputer log in :

$ pico .profile

#tambahkan pada baris terakhir

/usr/bin/xdosemu -I ‘keystroke “f:\r cd \\program\r program.bat\r”‘

save & exit

restart ubuntu

tuwing- tuwing – tuwing …… nongol juga tuh program.bat pada saat log in dengan fullscreen mode.

Panduan pemakain Ubuntu Desktop 10.4.3.0

Set root password :

$ sudo passwd root

Adduser linux :

$ sudo adduser userlinux

Update System

$sudo aptitude update

Install Paket

$sudo apt-get install paket

Set networking IP static:

$ sudo pico /etc/network/interfaces

auto lo

iface lo inet loopback

auto eth0

iface eth0 inet static

address 192.168.1.216

netmask 255.255.255.0

network 192.168.1.0

broadcast 192.168.1.255

gateway 192.168.1.254

Lock screen :

System –> Preferences –> Screen Saver

unchecklist all

By pass User & password login :

System –> Administration –> User & Group

Iklan
Kategori:Linux, Tutorial
  1. hary
    April 26, 2012 pukul 2:39 am

    halo..aku masih coba2 blajar. gimana caranya mengaktifkan dosemu, krn di kptrku sdh ada dosemu tp ketika diklick tdk mau jalan…

    • Indra Nugraha
      April 26, 2012 pukul 4:28 am

      Bisa di jelaskan errornya apa ?

      ada kemungkinan juga paket dosemu yang diinstall tidak lengkap dependensinya

  2. Mei 3, 2012 pukul 5:21 am

    Wahhh manteb Brow,,detail sekali penjelasannya 🙂

    • Indra Nugraha
      Mei 8, 2012 pukul 3:56 am

      Thx bro udah mampir, semoga bermanfaat …

  3. onggi
    Agustus 14, 2012 pukul 6:31 am

    bro mau tanya nich klo program clippernya multiuser apakah ubuntu sukses ??
    saya pernah coba mejalankan program clipper dalam waktu bersamaan waktu simpan data.
    data yg tersimpan kacau ( user 1 menyimpan data tapi user 2 tidak menyimpan data )
    intinya data tidak tersimpan semuanya.
    apakah ada settingan yg kurang mohon pencerahannya bro terimakasih

    • Indra Nugraha
      Agustus 16, 2012 pukul 4:44 am

      sya coba utk 1 komp linux ( komp lainnya pake XP akses ke server database yg sama ) login ke novel netware 3.12 yg nyimpen database clipper trs sya coba input data di komp linux+dosemu+ncpfs. data hasil inputan-nya nyimpen di server novell. cuma ngedit di set di autoexec.bat dan config.sys didosemu. Masalahnya “Hak akses user dan direktory di novell jadi nga ngaruh” jadi jika di novell akses pake user biasa, bgtu kita login pake Linux+dosemu+ncpfs tembus tuh aksesnya ke server seperti user adminstrator. ane lom cari tau napa bisa tembus gto broo … !!!
      nahhh… sya skg nga pake cara itu lagi.skg pake linux+dosemunya jalanin Ms dos 6.22. ada di tutorial ane di halaman utama pake cara ntu sukses bro. hampir smua user bisa nginput/ngeprint data trs login ke server novel tanpa ada masalah kya di windos gtu …
      tapi klo server file-nya menggunakan linux juga (samba), ada juga yg pernah punya kasus kya mas bro. sya pernah baca juga di inet kya solved utk masalah tsb.

  4. gonzhilaz
    Oktober 22, 2014 pukul 9:51 am

    agan yg baik….sudah saya ikutin step by step..msh saja ncpmount nya gagal…bingung saya gan…

    • Indra Nugraha
      Oktober 23, 2014 pukul 1:18 am

      1. paket ipx/ncpfs sdh terinstall di ubuntu
      2. sdh di buat folder untuk mount netwarenya ?
      3. user netware sdh di buat di server netware
      4. ncpmount -S ServerNetware -U usernetware -P passusernet /tempat /mounting direktory

  1. Juni 22, 2012 pukul 11:57 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: